In makanan Menu 4 Bintang MPASI

Resep MPASI Bayi 6 Bulan

Hai Moms...
Kali ini saya mau share beberapa resep Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPAsi) yang berulang kali saya buat selama Rendra sudah mulai makan.

Saya tidak mengerti mengapa begitu banyak istilah di dunia per-MPAsi-an ini, dulu nih zaman Zha bayi dikenal menu tunggal, yang mana setelah bertanya ke adek saya yang sekolah di bidang gizi, kata mereka tidak mengenal dan tidak pernah ada mata kuliah mengenai menu tunggal, menu tunggal yang kala itu saya pahami ialah pemberian satu jenis makanan kepada bayi untuk mengecek apakah bayi tersebut cocok dengan makanan tersebut atau tidak dalam 3-4 hari pemberian secara berulang.
ternyata menu tunggal tersebut kini sudah dibantah habis-habisan oleh para pakar gizi dan kesehatan.
dan menu 4 bintang sendiri itu pun juga tidak dikenal oleh dunia akademisi di gizi, yang mereka iyakan ialah MPAsi yang memenuhi kebutuhan nutrisi baik makro seperti karbohidrat, lemak, protein dan mikro seperti vitamin dan mineral.

Satu kata dengan yang pernah saya baca di akun instagram seorang dokter, dr. Meta (maaf ya dokter kalau saya sok akrab) menerangkan ada 4 syarat MPAsi yang baik menurut WHO, yakni:
1. Tepat waktu (diberikan saat ASI saja sudah tidak mencukupi kebutuhan nutrisi anak)
2. Adekuat, yakni mencukupi kebutuhan nutrisi baik makro seperti karbohidrat, lemak, protein dan mikro seperti vitamin dan mineral.
3. Diberikan dengan cara yang benar, tekstur sesuai usia dengan jumlah, jenis, serta frekuensi pemberian MPASI.
4. Aman, disiapkan dan diberikan secara higieniz.

Kok ya setelah saya sendiri telaah dengan membaca secara seksama, MPASI kini lebih mudah dan "no ribet" karena apapun yang kita masak di rumah saat itu, sisa kita lumatkan dengan blender atau saringan maka itulah yang kita berikan kepada bayi kita.
Tapi namanya manusia yang kreatif (sebut saja itu saya hahahahaha) saya tetap memasakkan khusus untuk rendra, karena di dapur rumah saya kadang  yang tersedia lauk pauk saja atau sayuran saja, jadi biar gak pusing saya masakkan Rendra tersendiri saja.

Kebutuhan MPASI pada bayi itu sendiri tergantung usia, berat badan dan tinggi badan, namun pada umumnya bayi berumur 6 bulan mengkonsumi 550 kilo kalori (kkal) yang terdiri dari 10-20 gram protein, 34 gram lemak, 58 gram karbohidrat dalam sehari.

Jumlah takaran perporsi pemberian satu kali makan kepada bayi adalah sebanyak 125 ml, dengan tekstur yang bertahap, dimulai dari tekstur yang encer namun lumat, kemudian naik tekstur ke padat.

agak panjang ya pembukaan diatas tapi resep tak kunjung muncul juga, karena kata adekku pemberian MPASI itu sebenarnya banyak pertimbangan, baik usia bayi, berat badan maupun tinggi badan.

Oh iya...saya pribadi juga sebenarnya masih suka mengira-ngira soal takaran tiap kali masak, pokoknya asal nyemplung, aduk dalam satu wadah tunggu mendidih dan masak, lalu blender siap deh disajikan.

Resep Bubur Daging Sapi
25 gram nasi putih (ini ambil dari nasi yang sudah di masak untuk makan sekeluarga)
18 gram daging sapi dan tempe (18 gram ini sudah termasuk keduanya ya antara daging dan tempe)
50 gram wortel dan buncis
Cara Memasak:
Masak nasi sampai mendidih, masukkan daging sapi, masukkan tempe, wortel dan buncis, aduk terus sampai air menyusut.
Blender sampai semuanya halus dan lumat.
siap dihidangkan setelah dingin.

 
Resep Bubur Ayam
25 gram nasi putih (ini ambil dari nasi yang sudah di masak untuk makan sekeluarga)
18 gram daging ayam dan tempe (18 gram ini sudah termasuk keduanya ya antara daging ayam dan tempe)
50 gram labu siam dan buncis
Cara Memasak:
Masak nasi sampai mendidih, masukkan daging sapi, masukkan tempe, labu siam dan buncis, aduk terus sampai air menyusut.
Blender sampai semuanya halus dan lumat.


Resep Bubur Ati Ayam
25 gram nasi putih (ini ambil dari nasi yang sudah di masak untuk makan sekeluarga)
18 gram ati ayam dan tempe (18 gram ini sudah termasuk keduanya ya antara ati dan tempe)
50 gram wortel dan buncis
Cara Memasak:
Masak nasi sampai mendidih, masukkan daging sapi, masukkan tempe, wortel dan buncis, aduk terus sampai air menyusut.
Blender sampai semuanya halus dan lumat.
siap dihidangkan setelah dingin.

Disetiap resep saya berikan bumbu aromatik yang berbeda, biasanya saya memakai tumisan bawang putih, bawang goreng, atau seledri. semua saya masukkan saat proses memasak.

Akan banyak pertanyaan mengenai MPASI ini, namun selanjutnya akan saya jelaskan satu persatu. terima kasih sudah membaca.


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar