In #Baku Tantang Blog family

Zhafirah dan Gadgetnya



Zaman sekarang anak mana yang tak main gadget.

Zaman sekarang orang tua mana yang tak memberikan anaknya untuk bermain gadget.

Paling sering ditemui adalah gadget yang berbentuk tablet yang sering anak-anak pakai untuk bermain.
Dan sama halnya dengan saya, saya juga memberi keleluasaan pada Zhafirah untuk bermain gadget sejak umur 2 tahun, tapi pernah seketika saya shock ketika Zhafirah nyasar ke konten dewasa, saat itu umur Zahfirah kira-kira 3 tahun, dimana Zhafirah tiba-tiba terdiam dan tak banyak bicara. Dan saya juga pucat pasi panik tak karuan, sewaktu menyadarinya kalau Zhafirah sudah tak disamping saya lagi dan memilih masuk ke kamar. Segera saya bertanya sudah lihat apa saja dan Zhafirah terdiam. Sejak saat itu saya membatasinya dan dengan keras dan kejam *iya Zhafirah tau betul kalau saya keras* no excuse lagi dengan gadget.

Namun terulang lagi hal yang sama baru-baru ini, bukan lagi nyasar, tapi karena Zhafirah sudah tau baca tulis, maka dengan sendirinya Zhafirah mencari di kolom search playstore “ibu hamil” di youtube pun sama kolom search pun dengan konten yang sama, duh nak…. *lapkeringat* kali ini saya bertanya
“kamu tau ibu hamil itu apa?” 
“kenapa cari soal ibu hamil?” 
jawabannya hanya “mau tau saja”. 
Oke karena pengetahuannya hanya sebatas itu maka saja cukup jelaskan kalau ibu hamil itu penjelsannya cukup untuk orang dewasa yang belum bisa bunda jelaskan, nanti kalau Zhafirah sudah SMA kita bisa bahas ini. *lapkeringat*

Tapi karena saya orang tua yang penuh penyelidikan dan kepo,
Besoknya saya tanya lagi ke ZShafirah dengan pertanyaan yang sama diatas, katanya suka cari ibu hamil karena mau tau kenapa bunda belum hamil juga, hamilkan punya adek buat Zhafirah *lapkeringatlagi*. Saya juga sempat mencari ulang di reacent update apa-apa saja yang Zhafirah cari, dan kali ini lebih ke game mengurus anak bayi.

Maka reminder for me, dari itu para orang tua harus penuh pengawasan terhadap anaknya bila memegang gadget, umur 0-5 sih memang saya tak perlu merasa kekhawatiran yang berlebih, tapi begitu masuk usia 6 yang sedang aktif-aktifnya meneleti,mencari tau sampai Zhafirah merasa paham itu yang membuat saya kecolongan dengan kasus diatas. Karena usia Zhafirah sedang penuh dengan Tanya dan Tanya karena itu extra pengawasan dan jawaban tepat harus siap jika Zhafirah memegang gadget.
Walaupun di "kambing hitam"kan gadget bisa membuat anak tenang tapi harus digaris bawahi kalau anak tetap dalam pengawasan orang tua.
Berikan gadget hanya bila kita para orang tua ada disamping anak, bukan saat kita ingin meninggalkannya dengan tenang.

Dampingi dan awasi anak jika gadget ada ditangan mereka, jika tak ingin kecolongan seperti saya.



(Foto2nya nanti nyusul ya,mau ubek2 file lama dulu).

Related Articles

10 komentar:

  1. Anak-anak sekarang,tantangannya ya salah satunya ini kak,
    Dulu saya kecil taunya main boneka,sepeda atau nsin lari-lari saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak juga butuh pasir kan yaa kakana :))

      Hapus
  2. Ulalaa putrii.. Nda bisa dipungkiri memang zaman sekarang zamannya gadget.. Mau sekuat apapun saya berprinsip ga akan kasih auf main hp tetap pasti sy akan luluh ji kalau terpaksa..haha asal memang selalu diawasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak,kasih gadget tapi kita tetap disampingnya.

      Hapus
  3. Penduduk asli dunia internet adalah anak-anak kita. Mereka lahir saat internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Berbeda dengan kita, yang lahir sebelum internet menjadi gaya hidup. Maka, menghindarkan mereka dari dunia tersebut, rasanya tak mungkin. Satu-satunya cara adalah memperkenalkan mereka dengan tepat. Jangan sampai mereka belajar dari teman mereka. Oh iya, perihal ibu hamil, materi itu sudah dipelajari di kelas 6 SD, bun. Kelamaan kalau SMA. Tenang saja, ibu guru di sekolah akan mengajarkannya saat kelas 6 nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cepatnya ya pelajaran perihal ibu hamil dipelajari,dulu saya rasa2nya SMP kak.. :))

      Hapus
  4. waaah terima kasih share pengalamannya kak..

    BalasHapus
  5. hmm.. penting ini untuk saya yang belum berkeluarga.. Terima kasih sharenya kak :)

    BalasHapus