In Bosowa

Plant Visit Bosowa Semen


Girangnya bukan main karena inilah yang disebut dengan "me time" tapi ujung-ujungnya tetap beberapa kali kontrol by LINE ke Pakciwa dan Zhafirah.

Kenapa?
Karena akhirnya saya berhasil untuk ikut dalam tour bareng Blogger Anging Mammir with Makkunrai Anging Mammiri.

kemana?
ke Pabrik Bosowa Semen di Kabupaten Maros, sekitar 1 jam perjalanan jika dari Menara Bosowa via jalan tol.

Lalu?
Jadi gini ya... awalnya, muncullah pendaftaran via buketu AM Nunu, yang menuliskan untuk yang berminat to visit plant Bosowa Semen agar mengisi formulir, di formulirnya itu ada alasannya saya isinya "mau lihat Rammang-rammang" dan sukses gak kepilih, hahahahaha.
ya gimana mau kepilih, ajakannya lain maunya lain, tapi ke-kepoan saya memuncak dan bertanya keteman-teman yang terpilih alasannya apa aja, dan ternyata pada kocak-kocak. yasudahlah mungkin karena blognya belum di-make up-in, cerita yang ini bakalan berlanjut nih.

Pucuk dicinta ulam pun tiba...
Banyak teman yang berhalangan hadir, buketu MAM Qiah mention di grup, sayalah yang semangat 45 buat mengisi bangku cadangan padahal yang di colak-colek kak Awie. (padahal kak awie lagi direcoki buat private seseorang buat make up-in seseorang *uhuk*)
dan akhirnya saya kepilih juga, 4 orang yang mengisi bangku cadangan akhirnya kepilih semua, thanks ya Qiah sudah merekomendasikan saya.


Perjalanan dimulai...
Pagi itu mama sempat kaget, tumben pagi-pagi sudah cantik, tapi tetep dong dikritik soal jilbab, ya sudah mama milihin jilbab karena akhirnya tau saya mau jalan-jalan ke Bosowa Semen, dan segeralah saya diantar Pakciwa menuju Menara Bosowa, 30 menit lagi sudah jam 8 nih. Meeting pointnya di Menara Bosowa pukul 8 teng tong teng.

15 menit kemudian saya sudah sampai di Menara Bosowa, Pakciwa mengantar dengan motor disertai jalanan yang lowong karena saat itu sabtu pagi. Disana sudah ada Kak Abby yang sudah eksis dengan tongsis-nya, didalam Menara Bosowa sudah duduk manis Kak Alfu, menyusul kak Awie dan Qiah.

Pukul 9 kami siap-siap berangkat dan saya sudah teramat lapar ya Tuhaaaan, padahal abis sarapan loh iniiii.
Sepanjang jalan kami penuh canda tawa dan ikutan masuk ke scene vlog-nya kaka Abby, kocak! dan yang penting beneran lewat Rammang-rammang, jadi jalanan masuk ke Pabrik Bosowa semen itu melewati Rammang-Rammang. "Akhirnya saya tahu jalan masuk rammang-rammang, besok saya bakalan balik sini lagi!." gumam saya dalam hati.

Sesampainya di pabrik, kami langsung naik ke CCR (Centre Control Room) di lantai 2, ruangan meeting dan disambut hangat oleh Pak Deny, tak lama pembukaan acara dengan mengumandangakan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan dan penjelasan oleh Bapak Rakhmat Kaimuddin selaku Managing Director Bosowa Semen.
"Bosowa semen dan satu perusahaan semen yang ada di Sul-Sel sudah mampu memenuhi 4 kali pembangunan di Sul-Sel dan 2 kali pembangunan di Sulawesi." ujarnya.



beberapa bagian dari pabrik
Tak lama kemudian, kami diajak untuk berkeliling pabrik dengan menggunakan bus yang tadi mengantar kami ke pabrik.
Sebelum berangkat, kami menunggu beberapa saat untuk jalan tiba-tiba bapak yang memandu kami di bus berujar "kita stop dulu ya pak sopir, ada blasting."

apa?blasting?peledakan?belum ngeh nih sampai terdengarnya suara ledakan, "buaaarrrr" disertai sedikit getaran yang saya rasakan #eh kan kita sedang di pabrik semen kan yaaa linaaaa.
semen itu kan dari batuan kapur ya gunungnya di ledakkan biar terbagi bongkahan besar, penghancuran, pencampuran awal untuk menjadi klinker, pembakaran klinker, pendinginan klinker, klinker menjadi bongkahan besar kembali, penghancuran klinker, penghalusan klinker tahap akhir, dan yang terakhir pengemasan. ya begitulah singkat bahasanya tapi sesungguhnya membutuhkan ruang dan waktu yang cukup besar menurut saya yang awam ini.

ini versi lengkapnya

dan setelah ada kode aman, maka kami pun melanjutkan perjalanan.


tambang karst 

siapa bilang tambang bisa merusak,jika perusahaannya care maka akan aman saja dan bagus dijadikan spot foto,seperti foto ini 😅

ada 3 kali kami turun dari bus saat di dalam lokasi pabrik, dan begitu dipersilahan turun tanpa aba-aba langsung berburu spot foto, hahahahaha. tidak boleh lama, dan kami saya bagai anak ayam yang di beri "kode" krukrukrukrukrukru buat di kumpulkan semua dan digiring masuk bus, hahahahahaha seru! 😂 (situ seru tapi bapak-bapak direksi dan manajemennya pusing mengawasi, ada yang di sana, ada yang di situ, semua berpencar 😂)
panas yang menyengat sebenarnya amat terasa tapi karena semangat yah dnikmati dong yaaa, pulang-pulang perawatan wajah kembali ke nol yaa. 👅😂😂😂



Waktu solat sudah masuk kami bergegas kembali ke Centre Control Room (CCR) dan segera ke mesjid, kata Bapak-Bapak Direksi, kita bakal dijamu makan siang di Tambak Ikan & Udang yang juga milik Bosowa, jaraknya sekitar 1 jam dari pabrik, jauhnyaaa kan lapaaaar. 😂😅

Perjalanan cukup panjang namun menyenangkan karena saya belum pernah menjelajahi Kabupaten Maros sebegini jauhnya, dan saya baru tau kalo di Maros juga ada Tambak a.k.a empang.

Makanan yang disajikan adalah surga dunia, masya Allah nikmatnya, saat pulang sempat berpamitan dengan kepala dapur, dan seperti biasa saya lupa dong namanya, kalo nda salah nama ibunya itu Ibu Haslinda atau Ibu Halima (jauh yeeeee 😅).
Kata Ibunya "saya pegawainya bapak (Bapak Aksa Mahmud) saya cukup menerima perintah lewat telepon kalau ada tamu seperti ini, kami (menunjuk ke arah timnya) segera memasak hidangan ini semua."






ah! saya lupa foto bagian yang saya suka para ibu-ibu dengan seragamnya berjejer mencuci piring di atas rumah yang berdiri diatas tambak tersebut, tapi foto narsis tentu tak lupa dong. 😂

akhir kata saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih atas undangan mengunjungi Pabrik Bosowa Semen sehingga saya mengetahui lokasi keberadaan Rammang-Rammang Pabrik, ditutup dengan jamuan makan siang yang enak dan sambutan yang hangat. 💓


Bosowa Group Membangun Mimpi, 
Berdiri, Kuat dan Kokoh Bosowa Semen.

Related Articles

8 komentar:

  1. yuhuuuuu akhirnya ya bisa juga jalan2 keliling pabrik dan makan di empang bosowa, selama jadi karyawan di sana blom pernah diajak, yaiyalah kan beda penjualan wkwkw.. nice post kak lina, vlog nya kepanjangan tuh hihihi but overall ya kereeeen :D

    BalasHapus
  2. iya senangnya bisa jalan2 bareng kalian,makasih ya sdh direkomendasikan buat ikut :* vlog ala2 :D perlu perbaikan lagi

    BalasHapus
  3. Kenapa cerita Ka awie di colak colek ikut di sertakan di tulisan ini 😡. Emangnya Ka Awie apaan? Sambel di colak colek 😅.
    Btw ini slaah satu trip blogger yang seru banget ya. Serasa piknik, Jadi pengen lagi *lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. nantikan cerita lengkapnya di colak colek hahahahaha

      Hapus
  4. Aduuuh itu makanannya enak bgt... Pasti masih freshh scr lgs dr empang

    BalasHapus
  5. Yuhuuu.. Jalan-jalan sambil nambah wawasan;))

    BalasHapus