In Bosowa

Mengenal Lebih Dekat : BOSOWA SEMEN



pict form google
Nama Bosowa tentu sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, apalagi bagi orang-orang yang berdomisili di Makassar. Bosowa yang didirikan oleh Bapak Aksa Mahmud, delapan belas tahun lalu, tepatnya tanggal 16 April 1999, untuk pertama kalinya BOSOWA memproduksi semen di bawah bendera PT Semen Bosowa Maros. 
Perusahaan ini mulai berproduksi saat kondisi ekonomi nasional sedang lesu sebagai dampak krisis ekonomi global tahun 1999.
Saat itu saya sekiranya masih di tingkat sekolah dasar, jadi untuk informasi selanjutnya yuk kita simak.

Meskipun kala itu krisis mendera, namun pengembangan usaha Bosowa Semen terus dilanjutkan ditengah banyaknya perusahaan swasta yang diambil alih oleh pemerintah melaui BPPN lalu dijual ke perusahaan asing. Namun kini, Bosowa Semen menjadi produsen semen terbesar keempat di Indonesia dan merupakan produsen semen swasta nasional terbesar di Indonesia.

Dari sisi kualitas Bosowa Semen tidak kalah dengan tiga perusahaan kompetitor lainnya. Inilah yang menjadikan Bosowa Semen sebagai produk kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan.


“kami yakin produk kami adalah pilihan yang tepat untuk konsumen, kualitas semen kami tinggi dengan harga yang kompetitif, dan pelayanan yang baik, kami berani diadu.”

-----Rachmat Kaimuddin, Managing Director Bosowa Semen.-----

Bosowa Semen memiliki 3 pabrik yaitu di Maros, Batam dan Banyuwangi, dengan total kapasitas produksi 7,2juta ton semen.
Pasar Utama Bosowa Semen awalnya di wilayah Indonesia Timur, yang kemudian meluas keberbagai daerah di seluruh wilayah Nusantara yaitu : Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Sumatera Utara, dan Kepulauan Riau.

Proyek-proyek Landmark yang dibangun oleh Bosowa Semen antara lain :
  • Bandara Sultan Hasanuddin.
  • Bandara di Lombok, Balikpapan dan Denpasar.
  • Menara Bosowa.
  • Tol di Makassar.
  • Ringroad Danau Sentani Jayapura.
  • Universitas Batam.
Dalam pergerakannya Bosowa Group, melakukan inisiatif strategis dengan rebranding perusahaan, yang sebelumnya bernama Semen Bosowa kemudian berubah nama menjadi Bosowa Semen. Rebranding ini diharapkan akan menumbuhkan semangat baru bagi sekitar 1700 karyawan yang saat ini bekerja di Bosowa Semen.

photo from Bosowa Semen

Bosowa Group juga mempunyai unit usaha lainnya, seperti: otomotif, properti, pendidikan, keuangan, agrikultur, energi/resources, serta media & olahraga.
Besarnya bisnis Bosowa Group merupakan hasil perjuangan keras dan tekun seorang yang kreatif Bapak Aksa Mahmud, putra asli Bugis yang lahir di Barru, 16 Juli 1945. Pondasi pertama Bosowa adalah berdirinya CV. Moneter pada tanggal 22 Februari 1973 yang bergerak dibidang otomotif yang selanjutnya tanggal pendirian CV. Moneter inilah yang menjadi hari peringatan ulang tahun Bosowa Group.
Sejarahnya bisa dibaca di sini.


Kini, terhadap keberlanjutan dan regenerasi Bosowa Group, Bapak Aksa Mahmud telah memberikan tahtanya kepada Putranya yaitu Bapak Erwin Aksa, yang selanjutnya akan membawa tongkat estafet membawa Bosowa membangun impian.

Tak hanya bergelut di dunia bisnis, tenyata Bosowa Group khususnya Bosowa Semen juga memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR), saat saya berkesempatan mengunjungi Pakbriknya sabtu kemarin, juga bertepatan dengan pemberian beberapa bantuan ke beberapa instansi yang ada di sekitar pabrik.


Sabtu,29 Juli 2017, Manajemen Bosowa Semen menyerahkan bantuan kepada :
  • Kelompok Wanita Tani di Desa Baruga dan Desa Tukamaseang yang diterima oleh Dinas Pertanian Kecamatan Bantimurung dan Ketua Kelompok Tani
  • Ada juga bantuan pembangunan jamban untik rumah warga di wilayah sekitar pabrik.
Bosowa Semen memang selalu memperhatikan pengembangan SDA dan SDM di tiga desa sekitar pabrik yang masuk dalam wilayah Bosowa Semen, yaitu Desa Salenrang, Desa Baruga dan Desa Tukamaseang.
“Secara teritorial Bosowa Semen selalu memprioritaskan wilayah Ring 1 yaitu Desa Baruga dan Desa Tukamaseang. Seperti infrastruktur kebutuhan semen sudah pasti, masyarakat mau bangun apa saja semen pasti dari kita. Begitu juga dengan pengembangan SDM seperti beasiswa SD,SMP,SMA, sampai Perguruan Tinggi. Serta support terhadap pengembangan ibu-ibu untuk wanita tani agar tak hanya sebagai ibu rumah tangga saja."----Pak Mukhsin Alwy,SHE& External Relation Division Head Bosowa Semen.-----
Sejak beberapa tahun yang lalu saya sebenarnya sudah tahu tentang program CSR Bosowa Semen ini karena sudah beberapa kali kesempatan mengundang teman-teman di AIMI untuk memberi sosialisASI tentang Pemberian ASI kepada masyarakat di sana.

Senang sekali sabtu itu kami diajak untuk melihat-lihat kantor serta pabrik Bosowa Semen disana kita jadi tahu lebih banyak tentang Bosowa dan Bosowa Semen, sambutan hangat dari direksi saya ceritakan panjang di sini: Plant Visit Bosowa Semen.

Pabrik Bosowa Semen
Pabrik Bosowa Semen
Semoga Bosowa selalu berjaya dan terus mengembangkan SDA dan SDM yang ada di Makassar, Indonesia dan juga pada dunia. Aamiin ya Allah.

Bosowa
Membangun Impian

Related Articles

1 komentar:

  1. Ulasan tentang sejarah bosowa semennya mantap kakak linaaaa 😍

    BalasHapus