In disparekraf Emaronie Organizer makassar sablon Workshop

Workshop Produk Kretif : Sablon


Workshop Produk Kreatif by Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Kota Makassar benar-benar menambah ilmu baru untuk anak-anak muda yang hadir didalamnya termasuk saya dong *tentunyaaaa*.
Mendaftar lewat Emaronie Oragnizer dan langsung mendapat fasilitas ilmu yang sangat fantastis menurut saya.
Sebenarnya apa sih materinya kok sampe pujian berjuta2 bisa saya lontarkan :D
Materi workshopnya adalah Teknik Grafis dan kali ini kita diajar cara untuk sablon baju kaos dan tote bag..wow kaaaaaaan.
Pematerinya Kak Fajri dan Kak Endah,materi mudah diserap karena mereka gokil bingo bawain materi dan juga praktek langsung yang membuat para peserta tetap semangat 45 walaupun pada jam2 kritis sehabis ISHOMA.




Pematerinya Kak Fajri dan Kak Endah,materi mudah diserap karena mereka gokil bingo bawain materi dan juga praktek langsung yang membuat para peserta tetap semangat 45 walaupun pada jam2 kritis sehabis ISHOMA.
Jadi sablon itu ternyata mudah, murah dan cara yang diajarkan ekonomis hemat dikantong  sodara-sodara! (sombong nih yeee hahahahh) cekidot ya alat dan bahannya..kalo cara-caranya lihat yang di pictnya saja yaa
Alat-alatnya ada

  •  Screen
Fungsinya untuk membuat rekaman film biasanya dari bahan kayu atau aluminuim,keunggulan aluminuim dari kayu Karena cepat kering dan kalau kayu bias memuai. Jadi lebih disarankan memakai aluminium jika suka.





  • Afruk
Isinya dalam dos ada dua botoll dicampur 1:1, oiya ada juga bungkusan auto streep powder yang berfungsi menghapus rekaman pada screen





  •  Coater

Alat pengoles afruk ke screen,bias juga menggunakan kartu (missal kartu ATM,tapi klo isi ATM masih ada bolehlah yaa dibagi :P )

Nah setelah afruk tercampur rata,saatnya mengoles atau mengaplikasikannya pada screen,cairan kuning ini dioles satu arah, dari atas kebawah dan dari samping kiri ke kanan, tidak boleh kiri kanan atas bawah harus searah dengan menggunakan coater.





  •  Hair dryer

Setelah pengapilikasiannya rata,nah gunakan hair driyer untuk pengeringannya, bias juga diangin2kan saja jika tak berburu dengan waktu.

Nah ini nih fungsi hairdryer
    proses pencucian afruk untuk menjelaskan hasil rekaman lalu dikeringkan.









  • Meja sablon
Bias dibuat dari box ikan yang banyak di lelong paotere J diberi 3 buah lampu sepanjang box tersebut. Diatas ada kaca setebal 4mm.
Gabus stereofoamUntuk menutup screen pada saat perekaman film berlangsung



  • Kertas Kalkir

Kertas ini adalah klise untuk membuat rekaman yang desainnya di print pada mesin printer laser. Kalo kalkir mahal bias juga digabti dengan kertas HVS biasa lalu diolesi minyak goreng lalu dikeringkan lalu siap masuk mesin printer.

Letakkan kertas kalkir diatas meja sablon dengan tulisan/desain  menghadap kekita, pastikan posisi yang sempurna lalu timpa diatasnya dengan screen,diatas screen ditaro sterefoam lalu tindih dengan barang2 yang cukup berat agar kealkir aman pada posisinya, nyalakan lampu pada meja sablon secara bersamaan dan tunggu sampai 2 menit 30 detik,matikan serentak!
Dan muncullah rekaman pada screen..yippiiiiw



Selanjutanya….

Hasil rekaman pada screen di selotip disetiap sisinya untuk pasnya gambar rekaman yg akan disablon.


  • Tripleks

Alat untuk melapisi kain Ukurannya sesuai kain yang akan dipakai, triplexnya diolesi delu dengan lem meja.

Modelnya ini buat baju kaos
 Model triplex tergantung media apa yang akan kita sablon

  • Tinta sablon

Kita menggunakan rutter water base karena aplikasinya menutupi serat kain, campurkan dengan pigmen warna yang kita mau didalam wadah aduk rata 50kali kenanan dan 50kali kekiri yakinlah saat itu juga langsung rata!


  • Raker

Alatnya berwana hijau untuk mengaplikasikan tinta keatas screen rekaman
Mari kita lihat proses penyablonannya.

Siapakan baju, totebag atau apa saja yang akan disablon;
Tarus rekaman diatas kain tersebut;
Tuangkan tinta keatas screen lalu ratakan dengan posisi raker 45̊̊ sampai rata, lalu tari tekan kearah bawah sekali saja dengan posisi raker tegak lurus.

Sreeeeet! MAGIC langsung teraplikasi ke bahan! Gampang kan…hahahahaha ayooo kita serbu took yang menjual alat dan bahan untuk sablon.





Thanks so much kak Ery as the founder of EMaronie Organizer who has invited us… Barakallah kak Ery yang tak pelit ilmu dan informasinya..kisskisskisskiss untuk baby F.
Thanks juga buat kak Fajri dan Kak endah yang tak henti2nya ngelawak disambi memaparkan praktek sablonnya you are rock! Kata kak Fajri “taka da kita dalam dunia sablon” and he is make it!!

Acara DisParEkRaf ini memang cocok dengan undangannya yang dihadiri banyak kawula mudah mahasiswa/mahasiswi dari berbagai komunitas di Makassar, lebih tepat sasaran saya rasa. Undang lagi kita dong dengan ilmu ya baruuuu *sungkem*

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar